Matematika Apa Itu?

“Kapan Seluruh manusia di bumi ini merasa bahagia di waktu yang sama?” pertanyaan ini terlontar dari dosen Matematika Informatika (Matematika diskrit) yang kutemui di kampus. Mungkin kalo ditimbang dan dipikir agak gak jelas amat dosen matematika nanya nya teka teki beginian(Orang kan mikirnya yang ada hitungannya dikit kek).

Jawabannya Saat Adam dan Hawa bertemu wakakakakakaka Cuma buat yang penasaran kok. Yang masih ingin berpikir silahkan dipikir.

Nah sampai rumah adikku. Aku kasih pertanyaan yang sama, dia gak ‘bergairah’ jawab sih tapi habis aku kasih tau jawabannya dia malah bilang gini “Itu bukan teka teki matematika namanya“. Mungkin sebagian besar anak manusia masih menganggap suatu hal yang berhubungan dengan Matematika, paling tidak memiliki unsur angka yang harus dihitung. Turut prihatin terhadap si Neneh sang Adik.

Padahal menurut sumber dari sini

Matematika berasal dari bahasa latin manthanein atau mathema yang berarti belajar atau hal yang dipelajari. Matematika dalam bahasa Belanda disebut wiskunde atau ilmu pasti, yang kesemuanya
berkaitan dengan penalaran. Ciri utama matematika adalah penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep atau pernyataan diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga kaitan antar konsep atau pernyataan dalam matematika bersifat konsisten.

Kita mendapat kata kunci berupa Penalaran

Apa itu penalaran?

Penalaran secara literal Bahasa Inggris adalah reasoning. Berasal dari kata reason, yang secara literal berarti alasan. Berarti reasoning atau to reason adalah memberikan/memikirkan alasan. Orang salah nalar bisa terjadi karena strategem (kecohan yang bertujuan tertentu), salah nalar (reasoning fallacy), atau salah nalar karena aspek kemanusiaan. Jadi, bedakan antara penalaran dan kebodohan. Penalaran dari aspek teoritis dapat didefinisikan sebagai proses berpikir logis dan sistematis untuk membentuk dan mengevaluasi suatu keyakinan terhadap pernyataan atau asersi. Tujuan dari penalaran adalah untuk menentukan secara logis dan objektif, apakah suatu pernyataan valid (benar atau salah) sehingga pantas untuk diyakini atau dianut.

Yang saya ambil dari sini

Jadi kalo di nalar nalar ? Hayo lo sok tau gw wkwkwkw Matematika itu adalah hal yang berkaitan dengan memikirkan/memberikan alasan melalui proses berpikir logis dan sistematis.

Sadap dah kata kata gw haha(*Bahasanya udah mulai kacau nii) kalau Matematika seperti yang disebutkan diatas lantas kenapa orang banyak yang masih berpikir Matematika itu harus dihitung padahal kalau ditinjau kembali yang lebih cocok dengan hitungan adalah Ekonomi ya enggak?

Nah ternyata walau sang adik merupakan anak yang lemayanlah di sekolah. Yang jelas keknya sih lebih pinter dibanding gw. Kesalahan pola pikir matematika dia gak sedikit, sebelumnya pernah ada kejadian gini

~gw lagi makan di rumah.. ada seekor kucing mendekati.. gw kasih nih tulang ayam, tapi gw pukul juga 🙂 biar akhwat tapi tetap jahat! Kekekekkekek, nah disamping saya juga berada sang adik yang sudah selesai makan dan penyayang kucing. Dia ngomong gini

Kalau gak mau ngasih gak usah mukul dong

…. (Gw Cuma tersenyum sepersekian detik sampai menyadari kesalahan kata-katanya)

Kalau gak mau ngasih gak usah mukul? Berarti.. kalau gw mau ngasih gw boleh mukul dong?”

Wakakakakak udeh aja dia cemberutan .

Akhir kata.. Selamat Bermatematika ria.

I Love Math

Advertisements

2 thoughts on “Matematika Apa Itu?

  1. Semua dosen pada bidangnya berkelakar begini:
    Dosen kimia: “Semua hal di dunia ini berhubungan dengan kimia. Coba kamu lihat, sabun, odol, sampai ke makanan, semua itu kimia!”

    Dosen fisika: “Semua hal di dunia ini berhubungan dengan fisika. Gak ada segal sesuatu yang gak bisa dijelaskan secara fisika.”

    Dosen Matematika: “Semua hal di dunia ini bisa dihitung, dan berupa angka-angka dan variabel.” :mrgreen:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s