Nol, Kosong dan Himpunan Kosong

sewaktu masih SMA, ada guru matematika yang hobi sekali ngedumel tentang pendidikan. Salah satunya adalah cara mendidik anak-anak sekelas SD yang agak salah, dulu dia kasih contoh

Anak SD sekarang, ditanya 5×4 berapa bisa jawab 20 giliran ditanya 4×5 bingung”

well, dulu aku ga begitu mikirin kata-kata dia, ya namanya bapak guru ngedumel biarin aja lah ga ada urusan :P. tapi saat ini pikiranku agak berubah, mempelajari tentang teori bilangan terus berpikir mundur jauh sewaktu SD agak ngeh dengan pola pikir matematika masa kecil

dulu kita diajar berhitung dari 1-10, bukan dari 0-9

sulit juga dibilang kesalahan, tapi (I have no idea about this) asiik dah πŸ˜› dengan menghitung mulai dari 1-10, maka pola pikir kita dibangun bahwa angka paling kecil itu satu, bukan begitu? kenapa ga 0-9 coba?

bukankah itu juga membantu kita mempelajari teori bilangan lain (biner, octal, hexadecimal)

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9

00,01,02,03,04,05,06,07,08,09

10,11,12,13,14,15,16,17,18,19

20,21,22,23,24 …..

0 1

1 0

1 1

1 0 0

1 0 1

1 1 0 dst…

nah setelah aku pikir aku nemu satu hal

di buku anak SD biasanya ada ilustrasinya, misalnya 3+4 itu digambarkan

3 bola + 4 bola = 7 bola

nice!

kalo dituliskan dari 0 bagaimana?

0 bola??? gambarnya kosong?

si anak bisa-bisa berpikir kalau ada kesalahan cetak, bukan menyatakan kalau 0 itu adalah 0 (apa coba?)

kalo dibilang 0 itu tidak ada tentu tidak bisa bukan? soalnya 0 tidak sama dengan himpunan kosong (kalo dibilang tidak ada, si anak akan berpikir kalo 0 itu adalah bilangan yang tidak berarti, tidak berguna, dan tidak berbeda dengan himpunan kosong). Nah disini bisa dibilang permasalahan mulai timbul, bagaimana membuktikan 0 tidak sama dengan himpunan kosong? apa himpunan kosong itu, saya fikir terlalu berat untuk anak yang baru belajar berhitung 0-9 (walaupun belum tentu, mengingat anak kecil itu kan di ibaratkan kertas kosong, terserah mau diisi apa).

belum lagi jumlah jari kita yang ada 10, kalian kalau ketemu anak kecil terus ngetes kalau anak tersebut tau angka sampai 10 bagaimana pakai jari kan?

satu.. dua.. tiga.. …. sepuluh

karena bingung ngejelasin jari nol itu gimana? dikepalkan semuanya kah?

wkwkwkwwkkwk

Postingan stress nih kebanyakan makan angka wkwkwkwkwkwkwk

Advertisements

6 thoughts on “Nol, Kosong dan Himpunan Kosong

  1. Nah ini dia nih…
    Saya kadang suka heran sendiri dengan orang yang bilang angka nol dengan “kosong”.
    Ini terjadi saat menyebutkan nomor telepon.
    081247472068 = “kosong delapan satu dua empat tujuh empat tujuh dua kosong enam delapan” 😦

    Jengkel juga rasanya….
    Kalo kosong berarti jadi gini dong:
    82147472 68

  2. cerdas banget pembahasannya. hal sepele menjadi menarik….inspiration for reader. di tunggu tulisan berikutnya!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s